5 Cara Terjemahkan Rekaman Suara di Google Translate

Date:

Share post:

5 Cara Terjemahkan Rekaman Suara di Google Translate

TADALAFILIX.COM – 5 Cara Terjemahkan Rekaman Suara di Google Translate. Saat menerjemahkan teks yang ditulis dalam bahasa asing, kami sering menggunakan Google Terjemahan atau Google Translate. Pernahkah Anda menerjemahkan rekaman suara secara langsung menggunakan Google Terjemahan?

Tampaknya Google Terjemahan menawarkan layanan terjemahan rekaman suara langsung untuk bahasa selain bahasa Inggris. Saat bercakap-cakap dalam bahasa yang tidak Anda mengerti atau mendengarkan audio asing, Anda bisa mempraktikkan teknik ini.

Yuk langsung saja simak langkah-langkahnya dan praktekkan ya? Jika penasaran dengan cara menerjemahkan rekaman suara di Google Translate, langsung saja simak langkah-langkahnya!

1. Akses laman Google Translate di website atau unduh aplikasinya di App Store atau Play Store

1. Akses laman Google Translate di website atau unduh aplikasinya di App Store atau Play Store

Anda harus terlebih dahulu mengakses situs web atau aplikasi Google Terjemahan untuk memulai. Anda dapat mengakses terjemahan jika Anda ingin menggunakannya melalui situs web. halaman di google.com. Dengan sistem operasi apa pun, termasuk Mac, Linux, Chromebook, atau Windows, Anda dapat menggunakan langkah-langkah ini di tablet, desktop, atau perangkat seluler. Yang terpenting, perangkat harus mengizinkan akses ke speaker dan browser.

Unduh dari App Store untuk iPhone atau Play Store untuk Android jika Anda ingin mengaksesnya melalui aplikasi seluler. Untuk melakukannya, buka App Store atau Play Store, lakukan pencarian Google Translate atau Google Translate, lalu klik Instal. Tunggu beberapa saat hingga penginstalan aplikasi selesai.

2. Atur bahasa masukan dan keluaran yang diperlukan

2. Atur bahasa masukan dan keluaran yang diperlukan

Pengaturan bahasa input dan output yang akan diterjemahkan dilakukan setelah mengakses situs web atau aplikasi Google Translate. Sebagai gambaran, Anda dapat memilih bahasa Inggris sebagai bahasa input dan bahasa Indonesia sebagai bahasa output ketika ingin menerjemahkan audio dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Untuk melakukannya, pilih bahasa Inggris dari menu tarik-turun bahasa input di kolom kiri. Selanjutnya, pilih bahasa Indonesia dari daftar bahasa keluaran kolom kanan.

Ada banyak bahasa yang tersedia di Google Terjemahan untuk diterjemahkan. Selain bahasa Inggris dan Indonesia, Anda dapat memilih dari berbagai bahasa lain, termasuk Spanyol, Arab, Jepang, Korea, Jerman, dan lainnya.

3. Masukkan rekaman suara atau audio yang akan diterjemahkan

3. Masukkan rekaman suara atau audio yang akan diterjemahkan

Anda dapat mulai memasukkan audio untuk diterjemahkan setelah bahasa input dan output dipilih. Rekaman suara, file MP3, atau file MP4 (video) dapat berfungsi sebagai sumber audio.

Tekan tombol mikrofon, ucapkan teks yang akan diterjemahkan, atau dekatkan perangkat lain yang memutar teks yang akan diterjemahkan untuk memasukkan audio ke dalam Google Terjemahan. Praktik terbaiknya adalah mendapatkan sumber suara sedekat mungkin dengan perangkat interpretasi dan meningkatkan volume untuk menyempurnakan penangkapan suara.

4. Terjemahkan percakapan real-time

4. Terjemahkan percakapan real-time

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Google Terjemahan untuk menerjemahkan percakapan Anda dengan seseorang yang berbicara bahasa asing. Benar, ini akan membantu menerjemahkan percakapan dalam konteks Anda dengan cepat dan cukup akurat.

Hanya aplikasi seluler yang dapat menggunakan trik ini. Untuk menggunakan Google Terjemahan di ponsel Anda, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Berikut tata cara penggunaannya jika sudah terpasang :.

  1. Atur bahasa input dan output yang akan diterjemahkan di Google Translate dengan membuka program.
  2. Tab “Percakapan” dapat ditemukan di kiri bawah layar dengan menggulir.
  3. Rekam percakapan dengan berbicara di telepon. Ini akan langsung diterjemahkan oleh aplikasi.
  4. Untuk menerjemahkan percakapan bolak-balik antara dua bahasa, pilih tab “otomatis”.

5. Transkripsikan hasil terjemahan audio

5. Transkripsikan hasil terjemahan audio

Selain fitur yang tercantum di atas, Google Terjemahan menawarkan fitur transkripsi yang mengubah terjemahan dari audio menjadi teks. Akibatnya, lebih mudah untuk memahami hasil terjemahan saat menggunakan fitur ini untuk menerjemahkan audio atau rekaman suara yang panjang. Hasil transkripsi dapat disimpan untuk digunakan nanti.

Ini cukup sederhana untuk diterapkan, khususnya :.

  1. Luncurkan aplikasi Google Terjemahan di ponsel Anda.
  2. Tombol Transkripsikan, yang terletak tepat di atas menu Mikrofon, akan muncul saat Anda mengetikkan audio.
  3. Klik ikon Bintang di pojok kanan atas layar untuk menyimpan pekerjaan Anda.

Sayangnya, hanya Google Terjemahan untuk perangkat Android yang sekarang mendukung transkripsi. Masih ada delapan bahasa yang didukung, termasuk Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Portugis, Rusia, dan Thailand.

Selain menerjemahkan teks ke dalam bahasa asing, Google Translate juga dapat dengan cepat menerjemahkan file audio seperti MP4, rekaman suara, dan transkrip percakapan. Dengan cara ini, akan sangat bermanfaat saat terlibat dalam percakapan atau menonton video dalam bahasa yang tidak kita mengerti. Apakah Anda ingin mencobanya atau tidak?

spot_img

Related articles

Modul Ajar PPKN Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka

tadalafilix.com – Download Modul Didaktik Pendidikan Kewarganegaraan dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 1 SD Semester...

Toko Chip Domino Island 24 Jam Termurah dan Gratis 2023

Toko Keripik Domino – Ingin membeli chip Higgs Domino tapi tidak tahu dimana? Jika demikian, Anda...

Arti Mimpi Memancing Ikan Menurut Islam dan Primbon

Berikut ini adalah arti mimpi memancing ikan menurut islam dan primbon yang mungkin selama ini anda cari....

Cek Hasil Seleksi Administrasi PPPK Tenaga Teknis 2022 12 Januari 2023

Ayovaksindikeskdi.id – Hasil Penapisan Administrasi PPPK akan diumumkan hari ini, Kamis (12/1/2023). Cari tahu cara cek...